语法
yufa / Tatabahasa
1.Penggunaan 跟 gen / dengan
S1 + 跟 + s2 + V+ O
Eg: 我跟朋友去学校。Wo gen peng you qu xue xiao - Saya
petgi ke sekolah dengan teman.
Kalo ada kata 一起 ,yi qi, letakkan
setelah s2. Jadi :
Eg : 我跟朋友一起去学校。Wo gen peng you yi qi qu xue xiao.
2. Penggunaan 在 zai / di
S + 在 + ket.tempat+ v +o
Eg: 我在公园玩球。 Wo
zai gong yuan wan qiu , Saya bermain bola di taman.
Bila在 diikuti kata 跟 maka kata 跟 haru lebih dulu diletakkan
Eg: 我在公园跟朋友玩球。Wo zai gong yuan gen peng
you wan qiu - Saya bermain bola di
taman dengan teman.
3. penggunaan kerangan waktu” hari ini, hari minggu,
sore, 2 januari, jam 2, thn 2013” dll.
Keterangan waktu bisa
diletakkan pada dua tempat.
a.
Setelah subjek
eg. 我今天去公园玩球 .wo jin tian qu gong yuan wan qiu - saya pergi ke taman hari ini.
eg. 我今天去公园玩球 .wo jin tian qu gong yuan wan qiu - saya pergi ke taman hari ini.
b.
Sebelum subjek
Eg: 今天我去公园 。jin tian wo qu gong yuan wan - saya
pergi ke taman hari ini.
Gabungan ket. Waktu 跟
dan 在。
Eg: 我今天跟他一起在公园玩球. Wo jin tian
gen ta yi qi zai gong yuan wan qiu - Saya main bola bersama dengan dia di taman
hari ini.
4. penggunaan 从 cong /dari
S + 从
+ ket.tempat + v + o
Eg: 弟弟从学校来。 Di di cong xue
xiao lai - Adik lk datang dari sekolah.
5. penggunaan 离 li / jarak
(dari)
S1 + 离
+ s2 + adj/ . / ket. Tempat + 离+ ket. Tempat + adj
Eg : 他离我很远.
Ta li wo hen yuan - Dia sangat jauh (jaraknya) dari saya.
Eg : 学校离公园很近 。xue xiao li gong yuan hen jin - sekolah sangat dekat (jaraknya) dari taman.
6. Penggunaan 往 wang / arah
Eg : 他往公园走。Ta
wang gong yuan zou - Dia berjalan kea
rah taman.
Eg: 你往右边拐 。ni wang you guai - kamu belok ke kanan.
7. Penggunaan 得
de
Digunakan untuk
menjelaskan bagaimana tingkatan/ hasil seseorang melakukan suatu tindakan.
a.
Tidak pake
objek s + v + 得
+ adj. eg : 他 说得 很快 。dia berbicara sangat cepat
b.
Dengan objek s + o + v + 得
+ adj eg : 他汉语说得很快。 Dia berbicara
bahasa mandarin sangat cepat.
8. Penggunaan satuan bilangan.
a.本
ben, untuk buku- shu 书, kamus - ci dian 词典
, majalah - za zhi杂志.
b.个
ge , untuk orang – ren人 , kamar - fangjian 房间,
bola qiu- 球 , note book – benzi 本子。
c.件
jian, untuk baju – yi fu 衣服,
barang – dong xi 东西 ,urusan - shir
事儿
d.辆
liang, untuk Mobil-qi che 汽车 ,sepeda
–zi xing che 自行车。
e. 张
zhang, untuk Koran-bao 报,meja-zhuo zi 桌子,
ranjang-chuang 床
f.支zhi
, untuk pensi – qian bi 铅笔, pulpen gang bi-钢笔
g.只
zhi, untuk burung-niao 鸟,anjing-gou 狗,
kuda – ma 马。Dll
Eg: 一本词典 yi ben ci dian - Satu buah kamus, 一个学生 yi ge xue sheng - seorang murid. 一件衣服 yi jian yi fu - sebuah baju.
9.Penggunaan 几 dan 多少。
a. 几
dipakai untuk menanya jumlah dibawah sepuluh
eg: A:你家有几口人 ni jia you kou
ren ? B:我家有五口人 wo jia you
wu kou ren.
b: 多少
dipakai untuk menanya jumlah banyak atau diatas sepulu
eg: A: 他们学校有多少个学生 ta men xue xiao you duoshao ge xuesheng ?
B:他们学校有 500 个学生 ta men xuexiao you wu bai ge xue sheng。
10.Penggunaan 给 sebagai kata
depan
Eg: ibu menelepon saya malam = 妈妈晚上给我打电话
ma ma wan shang gei wo da dian hua
Eg: kokoh membelikan saya sebuah kamus = 哥哥给我一本词典
gege gei wo yi ben ci dian 。
11. Penggunaan 常常
Eg: kami sering pulang bersama ke rumah = 我们常常一起回家
wo men chang2x yiqi hui jia
Eg:
kami jarang makan di sekolah = 我们很少在家吃饭 wo men hen shao zai jia chif an
12. Penggunaan 多
多 punya arti lebih bila diletakkan setelah bilangan
Eg:
我们班大概有30多个学生 wo men ban da gai you san shi duo ge xue sheng –
kelas kaki ada lebih dari 30 orang murid.
13. Penggunaan tahun
bulan tanggal hari dan jam
a. Tahun 年
nian . dengan diucapkan digit by digit\, dan diakhiri dengan 年 –nian
eg: 1998 年 一九九八 年 yi jiu jiu ba nian, 2002 年 er ling ling
nian
pertanyaan :现在 哪一年 ? sekarang tahun berapa ? 现在
2013 年 xian zai er ling yi san nian
berapa tahun 几年 ? 。两年
liang nian , dua tahun,
b . bulan 月 yue , sekarang bulan apa , 现在
几月 xian zai Jiyue ?
Januari 一月yiyue
, februari 二月eryue,
maret 三月sanyue
,
april四月siyue,
mei 五月wuyue , juni
六月liuyue,
juli 七月qiyue, agustus
八月bayue,
September 九月jiuyue ,
oktober十月shiyue
, november十一月shiyiyue,
desember 十二月shieryue
c. tanggal 号 hao ,日ri , hari ini
tanggal berapa 今天几号
?jin tian ji hao ?
一号yi
hao tgl 1 ,二号er hao tgl 2, 三号san hao tgl 3,四号
si hao tgl 4,
五号 wu hao tgl
5 —————————————— san
shi yi hao 三十一号 tgl
31.
d. hari 天 tian . pekan 星期 xing qi
hari apa 星期几 xing qi ji ?
tambahkan
angka 一 sampai 六
untuk hari senen samapi sabtu, dan 天/
日 tian/ri
untuk
hari minggu
* hari senin 星期一xingqi
yi, * selasa星期二xingqi
er
* rabu 星期三
xingqi san , * kamis 星期四 xingqi
si
* jumat星期五xingqi
wu , * sabtu 星期六xingqi
liu
* minggu 星期天 xingqi tian / 日ri.
e. jam 点,
jam berapa sekarang, 现在几点 xian
zai ji dian
menit 分 fen. ¼ 一刻
yi ke , 3/4三刻 san ke , 半
ban setengah 半 ban. Kurang 差
cha
* jam 8:00 八点 badian, jam 8:05 八点零五分 ba
dian ling wu fen,
* jam 8:15 八点一刻。八点十五分
ba dian yike / ba dian shi wu fen . jam
* Jam 8.30 八点半 ba dian ban, 八点三十分 ba
dian san shi fen. Jam
* Jam 8.45 八点四十五分 ba
dian sis hi wu fen ,
八点三刻 ba dian san
ke.
* Jam 8.55 八点
五十五分 ba dian wu
shi wu fen,
差五分九点 cha wu
fen jiu dian
( jam 9 kurang 5 menit)
Hari ini jumat, jam 8.30 pagi, tgl 8 maret 2013
今天 2013 年
3月8 号/日,星期五,早上, 8 点: 30
分。
今天 二零一三年,三月,八号,星期五,早上 八点 三十分 /
Jin tian er ling yi san
nian, san yue, ba hao/ri, xing qi wu, zao shang, ba dian san shi fen.
14. penggunaan 对 ….. 干兴趣 dui ….. gan xing qu - tertarik kepada
Eg
: saya sangat tertarik belajar musik- 我对学习音乐很感兴趣。
Eg:
saya tidak tertarik belajar kaligrafi- 我对学习书法不感兴趣。
15.penggunaan 以前,
以后 ,
还是 ,
或者
a. 以前
yi qian sebagai ket waktu.
Eg: 以前 我在中国学习汉语。 Yiqian
wo zai zhong guo xue xi hanyu. Dulu Saya belajar
bahasa Mandarin di china.
以前
yi qian sebagai pola kalimat
Eg:
我去学校以前, 先吃早饭。 Wo qu xue xiao
yi qian, xian chi zao fan. Sebelum pergi
Sekolah, saya makan pagi lebih dulu.
b . 以后 yi hou sebagi ket waktu
eg
: 以后 我要当汉语老师 yi hou wo yao dang hanyu lasohi- kelak saya
mau menjadi
guru bahasa mandarin.
以后
yi hou sebagai pola kalimat
Eg : 我吃早饭以后, 就去学校读书。Wo chi fan yi hou, jiu qu xue xiao du shu. Setelah
Makan pagi, saya lsg pergi kesekolah belajar.
c . 还是 hai shi artinya atau, digunakan sebagai dalam
kalimat Tanya.
Eg: 你喝茶还是喝咖啡? Ni he cha hai shi he ka fei , kamu minum teh apa
minum kopi?
或者
huo zhe artinya atau, digunakan untuk kalimat pernyataan
Eg
: 你可以今天来或者明天来。 Ni
ke yi jintian lai huozhe mingtian lai. Kamu boleh datang
Hari ini atau datang besok.
16. perbedaan 会,
能, 可以,
要, 想
a. 会
hui bisa. Bisa melakukan sesuattu krn ada proses belajar.
Eg : 他会说汉语
ta hui shuo hanyu. Dia bisa berbicara bahasa mandarin.
他会不会开汽车 ? ni hui bu hui kai qi che? Dia bisa tidak bicara bhs
mandarin.
b . 能
neng bisa mampu. Mampu melakukan tanpa
melihat proses
eg : 他今天不能来。Ta
jin tian bun eng lai. Dia tidak bisa datang hari ini.
Eg : 他今天病了, 不能来上课。 Ta
jintian bing le, bun eng lai shang ke. Dia sakit hari ini
Tidak bisa datang datang belajar.
c . 想 xiang , ingin .
eg
: 他想买那两汽车, 但是他的钱不够。 Ta
xiang mai naliang qiche, dan shi ta de qian
qian bu gou, dia ingin beli mobil itu, tp
duitnya tidak cukup.
d . 要
yao, mau , akan
eg :
他要去中国学习汉语。 Ta
yao qu zhongguo xuexi hanyu. Dia mau ke china bljr mand.
e . 可以 keyi boleh
eg : 我可以接你的笔吗 ? wok e yi jie ni
de bi ma ? bolehkah saya pinjam pen kamu?
Nin hao.
ReplyDeleteqing wen, nin keyi jieshi yixia zenme neng qubie hui lai, hui qu, he hui jia ?
xiexie
回去 and 回来:
Delete回去 means you are currently at location A, but you wanna go back to lacation B. 我要回去宿舍了(你现在不在宿舍,you are not in the dorm now)
回来 means you're currently back at location A where you are speaking right now . jack,我回来了。(you came back from other places to the location where you are.)
easiest way: “来”是come “去”是go
回来: come back; 回去 :go back
Laoshi mau tanya. perbedaan yufa 向, 朝, 往 apa ya laoshi. Xiexie
ReplyDelete向/朝/往 + 具体方向 + Verb
DeleteExamples
•从 这里 向 / 朝 / 往 北 走 两 百 米 就 到 了。From here, go one hundred meters north, and you'll get there.
•这 个 小 女孩 向 左 看 看 又 向 右 看 看 才 过 马路。This little girl looked left and then looked right before crossing the street.
•我 看见 他 朝 你们 家 去 了。I saw him going towards your house.
•往 前 走 十 分 钟。Walk forward for ten minutes.
When to use "向" and "往"
向 and 往 can be placed after the verb, however it has to be used with an appropriate verb, Often used verbs are 开, 飞, 发, 运, 送, 寄, 带, 驶 etc. As you can see, these are words that at least imply some sort of motion. In addition, compared to 向, 往 is used more often with those verbs, because 往 expresses the destination while 向 merely expresses a direction, 朝 cannot be used this way.
Structure
Verb + 向/往 + 具体方向
Examples
•这 趟 火车 开 往 沈阳。This train is heading towards Shenyang.
•这 趟 航班 飞 往 纽约。This plane is flying to New York.
•一 辆 黑 色 的 小 轿车 慢慢地 从 东 驶 向 西。The black limo slowly went from East to West.
•像 鸟儿 一样 飞 向 蓝天。The little birds flew towards the sky.
When to use "向" and "朝"
When the action that takes place is specified to a specific target, use 向 or 朝. 往 cannot be used this way. Also, when the verb is a concrete action, the use of 向 and 朝 are the same, and they can be interchanged.
Structure
向/朝 + 动作的对象 + 具体意义的动词
Examples
•他 向 / 朝 我 笑 了 笑。He laughed at me.
•我 朝 他 开 了 一 枪。I shot a gun at him.
•他 已经 向 全体 员工 解释 过 了。He has already explained it to the employees.
When to use just "向"
When the verb has an abstract meaning, you can only use 向, and you cannot use 朝.
Structure
向 + Direction + Abstract Verb
Examples
•他 是 优秀 员工,我们 都 要 向 他 学习。 He is an exemplary employee, we should all study him.
•我们 要 向 环保 部门 要求 严查 工厂 排污。We are going to make the Environmental Safety Department closely examine the factory sewage.
Examples of right and wrong sentences
•你 现在 是 开 往 市 中心 吗?
•你 现在 是 开 向 市 中心 吗?
•向雷锋同志学习!
•帅哥 向 我 笑 了。
•帅哥 朝 我 笑 了。
•你 现在 是 开 朝 市 中心 吗?
•朝 雷锋 同志 学习!
•往 雷锋 同志 学习!
•帅哥 往 我 笑 了。
Example dialog
•A: 他 往 南 走 了。He walked south.
•B: 你 怎么 让 他 往 南 走 呢?南 边 很 危险。Why did you make him go south? Going south is dangerous.
•A: 你 朝 我 发 什么 火?我 说 了 他 不 听。Why are you mad at me? I told him but he didn't listen
•B: 我 不 应该 朝 你 发火?难道 我 要 向 你 表示 感谢?Shouldn't I be mad at you? Do you think I should thank you?
Structure
ReplyDelete趁+[situation/opportunity]
Examples
趁年轻,多去玩玩吧。
You guys should go have more fun while you're still young.
趁 天气 好,我 要 去 野餐。
While the weather is good, I'm going on a picnic.
趁 老板 不 在,我们 抽 一会 儿 烟 吧。
When the boss isn't here, we can smoke for a little while.
趁 孩子 睡着 的 时候,我 洗 了 很 多 衣服。
While the kids were asleep, I washed a lot of clothes.
小偷 一定 是 趁 我 不注意 的 时候 ,把 我 的 手机 偷走 的。
The thief must have stolen my cell phone when I wasn't paying attention.
多谢老师,原来汉语语法好丰富喔。
ReplyDelete